14 Tip Sukses di Media Sosial Untuk Menunjang Profesi di Dunia Nyata

Banyak macam media sosial yang tersedia seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sebagainya. Jika anda bisa memanfaatkan media sosial ini dengan jitu maka akan berdampak pula pada kesuksesan anda di dunia nyata.

Pada tulisan ini, penulis ingin mengulas beberapa tips bagaimana cara sukses di media sosial dengan tujuan memasarkan keahlian anda sehingga bisa menunjang profesi di dunia nyata. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi seorang profesional (dokter, akuntan publik, blogger, teknisi dan sebagainya), salesman, karyawan dan berbagai macam profesi lainnya. Silakan simak pemaparannya dibawah ini.

1. Gunakan Keahlian Anda

Pergunakanlah keahlian anda untuk berinteraksi dengan pemirsa. Contohnya, jika anda seorang dokter, luangkan waktu, misalnya tiap hari Minggu jam 3 hingga jam 5 sore untuk menjawab pertanyaan dari kenalan anda di media sosial mengenai kesehatan secara gratis.

2. Berikan Perhatian Kepada Orang yang Suka Mempromosikan Anda

Dengan terus menerus menjalin hubungan dengan orang yang suka membagikan ulang konten anda, akan meningkatkan kesuksesan anda di media sosial. Caranya adalah dengan memberikan perhatian dan melakukan hal sama yang mereka lakukan terhadap anda, yaitu memberikan +1, membagikan ulang dan berkomentar di status mereka.

3. Jangan Takut Untuk Menjadi Pusat Perhatian

Sosial media adalah alat untuk menampilkan sesuatu atau pesan ke khalayak umum. Sebuah relasi dibangun dengan orang banyak, yang dibangun satu per satu, melalui hubungan pribadi. Tentukan target anda kemudian mulailah kirim pesan secara pribadi. Jangan takut mengambil resiko menjadi pusat perhatian mereka. Mulailah membuat sebuah pernyataan menarik sehingga perhatian mereka tertuju kepada anda. Dengan demikian, anda sudah melangkah jauh untuk meraih sukses di media sosial.

4. Selalu Beri +1 pada status yang Relevan Dengan Keahlian Anda

Memberikan +1 kepada status mereka secara terus menerus akan membuat mereka tertarik terhadap anda, sehingga mereka akan menjadi follower anda atau bisa jadi akan mengunjungi situs anda.

5. Berhubungan Langsung

Sosial media adalah adalah alat untuk menghubungkan secara langsung seorang individu dengan individu lainnya melalui internet. Hubungi langsung secara individu calon pelanggan anda dan ajak mereka untuk terlibat dengan apa yang menjadi keahlian anda.

6. Hubungi Mereka Dengan Telepon

Ketika seseorang memberikan +1 atau membagikan ulang, maka anda akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan. Oleh karena itu, lihatlah profil mereka, kunjungi situs mereka dan lihat apakah mereka adalah pelanggan atau partner potensial. Jika ya, kirimilah sebuah email yang berisi ajakan untuk melakukan komunikasi melalui telepon. Siapa tahu anda akan mendapatkan respon yang positif. Respon positif berarti peluang uang masuk.

7. Buatlah Profil yang Menarik

Mengunjungi akun seseorang di media sosial akan memberikan anda ide tentang bagaimana keaktifan, apa yang mereka sukai untuk dibicarakan, dan dengan siapa mereka berbisnis.

Observasi ini merupakan kesan pertama. Dalam waktu singkat bisa diketahui apakah anda menyukai orang itu atau tidak. Oleh karena itu membuat profil yang menarik akan memberi kesan pertama yang sungguh menggoda.

8. Menjawab Pertanyaan

Untuk sukses di media sosial, menjawab pertanyaan merupakan sumber sebuah tulisan. Jika anda mempunyai banyak follower tentu tidak bisa menjawab pertanyaan mereka satu persatu. Menjawab pertanyaan mereka dengan sebuah tulisan merupakan ide cemerlang.

9. Berinteraksi Secara Langsung

Media sosial adalah alat untuk membangun hubungan yang anda inginkan. Tetapi bukan berarti mengabaikan hubungan yang real. Hubungan terbaik dibangun dengan berinteraksi langsung. Bisa dilakukan dengan makan siang bersama, chating di sebuah konferensi dan sebagainya.

10. Hargai Minat Bersama

Banyak orang gagal di media sosial karena mereka tidak memperdulikan minat orang lain, alias egois. Yang diperdulikan hanyalah apa yang menjadi minat dia sendiri, tidak peduli dengan apa keinginan audiennya.

11. Riset, Follow, Terlibat dan Berkembang

Pertama carilah orang yang paling anda sukai, kemudian tambahkan mereka ke lingkaran, dan yang paling penting adalah terlibat bercakap-cakap dengan mereka. Utarakan pendapat anda dan tunjukkan bahwa anda ada. Kemudian berkembanglah bersama mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan membagikan ulang postingan mereka, berkomentar di status atau perkenalkan mereka dengan orang yang berminat sama dengan anda.

12. Buatlah Status Yang Mendidik

Konten di media sosial haruslah mendidik dan bernilai bagi para pembaca, dan ini menjadi informasi yang bisa mereka gunakan untuk mengembangkan usaha mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan menyampaikan ide, melakukan percakapan dan bahkan argumen. Dengan melakukan ini, pemirsa anda tidak hanya lebih mempercayai anda, tetapi akan mempunyai alasan untuk menghubungi anda kembali, dengan status yang bagus akan meningkatkan kesuksesan anda di media sosial di masa mendatang.

13. Jadilah orang Yang Menyenangkan

Menyenangkan disini berarti anda harus bersahabat, humoris dan mau mendengarkan. Sehingga follower anda dengan suka cita selalu menantikan postingan anda yang membuat mereka tersenyum.

14. Jadilah Teman Buat Semua

Di sosial media, follower anda bisa jadi mempunyai latar belakag yang beragam. Mungkin mereka seorang dokter, perawat, tentara, polisi, karyawan, PNS, dan sebagainya. Jangan menjadi eksklusif dengan hanya mementingkan orang berminat sama dengan anda.

Dengan aktif di media sosial dan biarkan mereka mengetahui keahlian anda, akan membuat atau membuka peluang lebih luas bagi ekspansi dan perluasan usaha yang sedang digeluti sehingga bisa membantu anda agar bisa sukses di media sosial. Jika anda mempunyai pengalaman atau tambahan mengenai pengaruh media sosial terhadap usaha, silakan sampaikan di bagian komentar sehingga dapat menjadi tambahan masukan bagi kita semua.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda