10 Penyebab Kegagalan Seorang Blogger

Banyak yang mempunyai keinginan agar sukses sebagai penulis blog. Mereka banyak mendengar bahwa dengan menjadi blogger, maka uang akan dengan mudah mengalir ke rekening bank.

Namun, setelah memasuki dunia menulis, mereka menemukan bahwa menjadi blogger tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak ada pekerjaan dengan bersantai saja di rumah maka uang mengalir dengan sendirinya.
Jika memang serius menjadi seorang penulis blog, 10 hal berikut ini harus diketahui dan dihindari agar tidak patah di tengah jalan.

Menulis blog merupakan jalan panjang berliku yang harus dilalui, tetapi jika telah sampai di ujung jalan, buah yang manis akan menanti. Berikut 10 penyebab kegagalan seorang blogger.

  1. Tidak Ada yang Kamu Percayai

Penghambat utama adalah diri sendiri. Berdasarkan pengalaman orang yang sudah sukses, keberhasilan atau kegagalan seseorang sebenarnya tergantung terhadap pola fikir dirinya sendiri, bukan tergantung kepada pintar atau bodohnya orang tersebut.

Seberapa sukses di kehidupan tidak berkaitan terhadap bagaimana kecerdasan seseorang. Banyak juga kok orang putus sekolah namun di masa dewasanya merupakan seorang yang sangat sukses.

Jika kamu berfikir positif, efeknya pun akan positif terhadap kehidupan dan kesuksesan kamu nantinya.

Jika fikiranmu bisa membayangkannya, maka kamu bisa menggapainya.

  1. Mempercayai Segalanya

Mempercayai segala hal sama saja dengan tidak mempercayai segala hal. Sama-sama tidak bagus. Terutama sekali bagi para blogger. Mempunyai kepercayaan tinggi merupakan resep utama untuk sukses. Namun kamu harus memilah apa yang bisa dipakai untuk menuju kesuksesan.

Intinya, jangan terlalu dipikirkan seluruh informasi yang didapatkan di internet. Harus pandai-pandai dalam memilih dan memilah mana yang harus dibaca dan mana yang bisa diterapkan menuju kesuksesan.

  1. Tergesa-gesa

Tidak ada cara apa pun di internet untuk dapat menjadi kaya. Seluruhnya harus menjalani proses panjang dan berliku. Pada prinsipnya, mendapatkan uang dari internet sama saja dengan bekerja di kehidupan nyata.

Jika ingin mulai menjadi penulis di internet, kamu harus memulai dari nol, kemudian perlahan-lahan mulai menampakkan hasil. Hasil ini tergantung dari seberapa besar usaha dan daya upaya yang dilakukan.

Kerja keras ini dibutuhkan dalam hal membuat informasi dan menyediakan konten yang berkualitas ditambah lagi dengan seberapa handal kamu mengerti mengenai teknik SEO.

  1. Berharap Kepada Keuntungan Jangka Pendek

Jika hanya berharap mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek, maka kegagalan sudah berada di ambang mata sebagai blogger. Orang-orang yang telah berhasil merupakan orang yang secara sabar dan terus menerus menulis di blog mereka. Bahkan ada yang sampai 5 tahun berkecimpung di dunia internet, barulah mendapatkan keuntungan sebagai blogger.

Sabar dan terus menulis, walaupun hanya satu atau dua buah tulisan sehari merupakan jalan yang terbaik untuk berhasil sebagai blogger.

Kecuali anda mempunyai uang banyak dan mau berinvestasi membangun blog. Mungkin dengan cara ini bisa memperpendek waktu yang dibutuhkan agar berhasil. Yang jelas, tidak ada akan berhasil dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

  1. Tidak Fokus

Jika tidak fokus berusaha sebagai blogger, maka anda tidak sendirian. Banyak yang memulai pekerjaan ini dengan ngambang. Sehingga tidak mendapatkan apa pun dari internet.

Agar berhasil sebagai penulis blog membutuhkan minat yang besar terhadap topik apa yang ingin ditulis. Jika anda berminat terhadap makanan, maka tulislah mengenai makanan, jangan hal lainnya. Fokus untuk menulis tentang makanan setiap hari di blog tersebut.

Jangan membuat beberapa blog sekaligus dengan niche yang berbeda.

Boleh-boleh saja membuat blog yang kedua dengan topik yang berbeda jika sudah berhasil di blog pertama.

  1. Takut Dikritik

Sebuah kritik merupakan bagian dari kehidupan. Jangan takut dikritik. Kritikan merupakan pertanda bahwa orang yang mengkritik atau bahkan mungkin mentertawakan adalah orang yang mempunyai perhatian dan peduli.

Jika tidak mendapatkan kritikan, artinya tidak mempunyai ruang untuk memperbaiki diri. Ambillah hal terbaik dari kritikan tersebut, dan selalu perbaiki diri agar menjadi orang yang lebih baik dikemudian hari.

  1. Takut Memonetasi Blog

Memonetasi blog adalah menempatkan iklan di blog. Anggap saja iklan tersebut sebagai penghargaan orang lain terhadap apa yang telah di tulis. Terus menulis dengan tulisan yang berkualitas tinggi dan tingkatkan trafik ke blog, setelah itu tempatkan iklan di sana.

Anda layak mendapatkan pembayaran atas tulisan yang telah dibuat.

  1. Tidak “Menjual” Blog

Jika menghasilkan sebuah tulisan, namun tidak “menjual” blog tersebut dengan baik, sama saja dengan bohong.
Mulailah memasarkan blog tersebut dengan menyebarkannya ke calon pembaca sehingga trafik akan datang dengan sendirinya.

Juallah blog melalui media sosial, bangun follower yang loyal dan terus berinteraksi dengan mereka. Trafik datang, uang pun akan menghampiri.

  1. Kurang Memperhatikan Isi Tulisan

Jika terlalu berkonsentrasi dalam meningkatkan trafik blog, anda melakukan hal salah. Yang paling penting sekarang ini membuat tulisan yang bernilai tinggi dan cocok dengan apa yang diinginkan oleh orang-orang diluar sana yang akan membaca tulisan anda.

Jika ini telah dilakukan, trafik akan datang dengan sendirinya.

  1. Ilmu Anda Tidak Berkembang

Anda harus tetap belajar dan belajar secara terus menerus agar tidak ketinggalan jaman. Jika ilmu tidak berkembang, maka anda akan ditinggalkan dan blog akan sepi pengunjung.

Kunjungilah forum-forum mengenai topik blog anda dan dapatkan berbagai masukan dari sana sehingga blog akan bernilai tinggi di bidangnya.

Demikian 10 hal yang harus dihindari agar sukses sebagai seorang blogger. Semoga tulisan ini dapat menjadi motivasi para blogger untuk terus berkarya.

Silakan sampaikan komentar Anda